Kamis, 14 Januari 2010

Mempercepat Kinerja Windows XP

.
1. Menonaktifkan atau mengurangi semua fitur grafik dan efek di WinXP.
Caranya : klik kanan di My Computer – Properties – Advanced – ada 3 menu setting – pilih Setting Performance (paling atas) , matikan semua fitur yang anda rasa tidak perlu dengan menghilangkan tanda centangnya atau anda bisa memilih adjust for best performance untuk menonaktifkan semuanya. Atau Custom untuk mengatur sesuai dengan keinginan Anda.

2. Hapus Prefetch.
Caranya: klik-kanan menu start – explore – windows – Prefetch – hapus semua yang ada di folder Prefetch tersebut. ini boleh anda lakukan setiap waktu bila isi folder Prefetch sudah banyak
Atau dengan ketik regedit dari Run :.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management\PrefetchParameters\EnablePrefetcher.
Ubahlah nilai yang ada menjadi 0 bila ingin meniadakan isi dari folder prefetch yang ada di dalam folder Windows di drive “system” komputer Anda. Anda bisa mengubah nilai yang ada menjadi 1 bila ingin menciptakan file-file prefetch dari berbagai aplikasi yang terinstal di komputer Anda (semacam cache untuk mempercepat memulai suatu aplikasi saat komputer baru saja dihidupkan). Ubahlah nilai yang ada menjadi 2 untuk mempercepat proses booting. Atau ubahlah nilai yang ada menjadi 3 untuk mempercepat akses semua file yang di dalam computer.
3. Menonaktifkan start-up program yang tidak perlu.
Caranya: klik start – run – ketik msconfig – klik Ok – masuk System Configuration Utility – klik startup (kanan atas) hilangkan centang pada list program yang anda anggap tidak perlu-restart PC anda.
4. Sesering mungkin mendefrag dan melakukan clean up.
Terutama setelah men-download file yang cukup besar…”
Caranya :
Klik kanan icon My Computer_pilih Manage_Setelah tampil kotak dialog Computer Management_Pilih Disk Defragmenter_Tentukan drive mana yang akan di Defrag_Lalu pilih Defragment
5. Mempercepat dan Memperlancar Scrolling pada Windows Explorer.

Ada kalanya saat kita sedang asyik mencari data di komputer kita, kita menggunakan Windows Explorer. Namun di sela-sela keasyikan kita untuk menelusuri folder demi folder dengan menggunakan Windows Explorer, fasilitas scrolling yang ada pada Windows Explorer mengalami macet dan begitu berat serta lamban, sehingga sulit untuk menggulung layar ke arah bawah. Namun hal ini bisa segera diatasi dengan mudah bila kita menginstal utility tambahan yang bernama Tweak UI yang bisa dengan mudah didownload dari alamat situs berikut ini
http://www.microsoft.com/windowsxp/downloads/powertoys/xppowertoys.mspx
Setelah terdownload dan terinstal di komputer kita, maka kita bisa menggunakan Tweak UI ini untuk mengatasi scrolling yang macet dan lamban ini
Caranya yaitu dengan meng-klik pada Explorer Category pada sisi kiri jendela Window, dan kemudian pada sisi kanan silahkan Anda hilangkan tanda centang pada pilihan “Enable Smooth Scrolling”, kemudian silahkan Anda klik “Apply”, lalu OK.

6. Menghilangkan Tampilan Unread Message pada Welcome Screen Windows (bagi yang terhubung ke internet)

Bila komputer kita terhubung ke jaringan internet, setiap kali kita menerima e-mail, biasanya akan tampak sebuah tampilan pemberitahuan pada Welcome Screen Windows saat kita baru saja menghidupkan komputer. Padahal saat kita membuka e-mail ternyata tak ada satu pun surat baru yang belum kita baca. Apakah pesan tadi adalah pesan palsu ataukah Windows kita yang sudah mulai tidak beres ? Sebenarnya hal ini bisa kita atasi dengan sedikit mengutak atik registri Windows.

Caranya :
Ketik regedit pada Run.
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\UnreadMail.
Pada sisi sebelah kanan klik dua kali pada nilai MessageExpiryDays dan bila nilai itu belum ada, kita bisa membuatnya dengan Edit > New > DWORD Value dan ketik MessageExpiryDays pada nilai DWORD baru yang baru dibuat tadi. Kemudian pada edit pada nilai DWORD dan ketik nilai 0, kemudian klik OK.



7. Mempercepat tampilan munculnya daftar menu yang muncul saat kita memilih start menu.

Caranya :
Ketik regedit pada Run.
HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\MenuShowDelay. Ubahlah nilai default yang tampak di sisi jendela sebelah kanan dari 400 menjadi bernilai 0.


8. Menempatkan kernel windows di RAM dan meniadakan virtual memori.

Caranya :
Ketik regedit pada Run.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management\DisablePagingExecutive. Ubahlah nilai yang ada dari 1 menjadi 0.
Mohon diperhatikan bahwa trik ini hanya boleh dilakukan bila kartu memori RAM yang terpasang di komputer Anda adalah lebih dari 512 MB. Sangat tidak disarankan untuk melakukan trik ini bila kartu memori yang terpasang di komputer Anda lebih kecil dari 512 MB.




9. Men-disable 8.3 Name Creation dalam NTFS

Caranya :
Ketik regedit pada Run.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\FileSystem\
NtfsDisable8dot3NameCreation.
Ubahlah nilai yang ada menjadi 1

10. Lakukan defrag pada boot.

Caranya :
Ketik regedit pada Run.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrg\
Boot OptimizeFunction.
Lakukan editing pada string Enable dan ubahlah nilainya menjadi Y.

11. Optimalkan Virtual memory

Caranya :
1. Masuk Control Panel_System_Advanced_Performance Setting_Pilih tab menu Visual Effect_ Custom, lalu cek list pada “Use Drop Sahdow For Icon Labels On The Desktop” dan “Use Visual Styles On Windows And Buttons”
2. Masih Pada Kotak Dialog Performance Setting, pilih tab menu Advanced_Virtual Memory_Change_Klik pada DRIVE C:Windows_Pilih Custom Size_Rubah Value pada initial size dan maximum Size 2 kali lipat dari value sebelumnya misal 256 rubah ke 512 , 512 rubah 1000) atau anda bisa merubah sesuai keinginan anda asal lebih besar dari value sebelumnya, Kemudian klik Ok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar